Meningkatkan Profesionalisme Pendidik Melalui Lesson Study UNITRI Malang

SPONSOR UTAMA JU
Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages
13 Views

MALANG, (Jatimupdate.com) – Sebagai wujud bagian dari pengawalan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni ; Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi (FIP UNITRI) menggelar seminar dan workshop lesson study bertemakan “Meningkatkan Profesionalisme Pendidik Melalui Lesson Study”, Sabtu (11/8/2018) di GOR UNITRI.

Kegiatan ini dihadiri oleh 66 peserta yang berasal dari Bapak/Ibu Guru Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Dosen dari beberapa Perguruan Tinggi Se-Jawa Timur, mulai dari Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, hingga Kota Surabaya.

Ketua Pelaksana Kegiatan sekaligus dosen FIP, Chandra Adi Prabowo, S.Pd., M.Pd menjelaskan, kegiatan seminar dan workshop tersebut merupakan bagian dari sharing yang dilakukan Fakultas Ilmu Pendidikan UNITRI mengenai lesson study yang pernah dilakukan UNITRI. Kegiatan ini akan di bagi menjadi dua sesi yakni seminar dan praktek.

“Jadi untuk bagian yang pertama, peserta akan mengikuti sharing lesson study, dan ke dua yakni praktek diakukan di instansi masing-masing.

Peserta akan diberikan waktu selama 2 bulan untuk mengaplikasikan materi dan nanti di bulan Oktober, kami akan undang lagi untuk presentasi dan pelaporan.” Imbuhnya.

Seminar yang menghadirkan tiga narasumber berpengalaman di bidangnya yakni ; Dr Ibrohim, M.Si (Universitas Negeri Malang), Dra Zubaida, MM (Dinas Pendidikan Kota Malang), dan Yuswa Istikomayanti, M.Pd (Universitas Tribhuwana Tunggadewi) tersebut akan banyak membedah persoalan profesional guru, lembaga pendidik, dan pengajaran menggunakan metode lesson study yang tidak membosankan.

Wakil Dekan FIP, Antonius Alam Wicaksono, S.Pd., M.Pd menjelaskan, UNITRI berharap dapat terus mendampingi guru dan dosen untuk lesson study dan dapat menjadi wadah jejaring lesson study di kota Malang.

“Hari ini kami juga melakukan penandatangan MOU dengan Kepala SDN 1 Landungsari, Drs Khoiri dan Kepala SDN Merjosari 4, Bambang Edi Sunarka, M.Pd.

Kerjasama ini akan berlangsung selama 5 tahun ke depan di bidang abdimas dan penelitian”.  Ungkap Antonius Alam Wicaksono, S.Pd., M.Pd menambahkan.

Acara ini dibuka dengan penampilan Tari Bapang dari murid SDN 1 Merjosari dan di buka oleh Wakil Rektor III, Dr Totok Sasongko.

Selain itu, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, beberapa Dekan Fakultas, Kepala Program Studi dan Dosen UNITRI juga menghadiri kegiatan tersebut. Panitia berharap, output dari kegiatan ini adalah jurnal dan laporan para guru dan dosen yang nantinya akan lebih meningkatkan mutu pembelajaran di Indonesia, khususnya di Jawa Timur.  [Redaksi/J Update]

Jatimupdate.com Berita Jatim Ter Update [Ringkas-Sederhana-Update] 😉 Disini Anda Dapat Membaca Ragam Berita & Memberikan Poling Anda 😉
(Visited 6 times, 1 visits today)

Ringkas-Sederhana-Update
Email Contact: jatimupdate@yahoo.com

Meningkatkan Profesionalisme Pendidik Melalui Lesson Study UNITRI Malang

Anda Telah Membaca Berita Meningkatkan Profesionalisme Pendidik Melalui Lesson Study UNITRI, Apakah Berita Ini Bermanfaat Buat Anda?

Terima Kasih Atas Atensi Anda
Share It