Keindahan Pantai Gili Ketapang

PROBOLINGGO  |Jatimupdate.com| – Ada banyak pulau-pulau kecil di daerah jawa timur yang keindahannya masih sangat terjaga. Ada salah satu pulau kecil nan indah yang letaknya sangat dekat dengan Madura namun masih berada dalam wilayah kabupaten Probolinggo. Pulau kecil yang masih sepi dan pasti menarik untuk dikunjungi ini adalahGili Ketapang.

Ciri khas Gili Ketapang adalah ombaknya yang tenang dan airnya yang jernih. Anda tidak harus berenang untuk bisa menikmati keindahan Gili Ketapang karena pasir pantai yang putih bahkan ada beberapa tempat dengan pasir yang hampir pink ini sangat bisa memanjakan mata. Namun tentu saja snorkeling di Gili Ketapang ini menjadi tujuan wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk datang kesini.

Santai di Gili untuk menuju ke Pulau Ketapang dibutuhkan waktu sekitar 25 menit menggunakan kapal kecil dari pelabuhan ujung tembaga probolinggo. Jarak Gili dari bibir pantai Probolinggo ini sebenarnya lumayan jauh, yaitu sekitar 7-8 Km.

Gili Ketapang adalah pulau yang dihuni oleh suku Madura. Penduduk Gili Ketapang mencapai 8000 orang dan luas pulau ini sekitar 70 hektar.

Ada beberapa Mitos mengenai Gili Ketapang salah satunya adalah pulau ini dipercaya tempatnya berpindah sedikit demi sedikit semakin menjauhi daratan Probolinggo.

Mitos ini juga yang membuat pulau ini dinamakan Gili dan Ketapang karena artinya adalah Desa Ketapang yang Mengalir. Dalam mitos Gili Ketapang, Desa Ketapang terus bergeser menuju ke tengah laut. [Cahya/J Update]

64 Views
(Visited 118 times, 1 visits today)

Journalist

Cahya NUR
Keindahan Pantai Gili Ketapang

Apakah Anda Pernah Ke Gili Ketapang?

Terima Kasih Atas Atensi Anda

Author: Cahya NUR