Bagaimana Cara Berpikir Logis?

ARTIKEL  |Jatimupdate.com|  

logika adalah ilmu penalaran atau ketrampilan berpikir dengan tepat. Ketepatan berpikir sangat tergantung pada jalan pikiran yang logis atau tidak amburadul. 
Dalam  Artikel  ini anda akan belajar menguji jalan pikiran dengan tepat atau logis.

Dalam kehidupan sehari-hari, peristiwa yang terjadi (fakta) bisa dicari sebabnya, hubungannya, mengapa terjadi demikian dan apakah logis?

Dalam berpikir membutuhkan ketrampilan untuk bisa mengerti fakta, memahami konsep, saling keterkaitan atau hubungan, sesuatu yang tersurat dan tersirat, alasan, dan menarik kesimpulan.

Namun yang pertama kali harus dipelajari adalah menguji suatu jalan pikiran secara logis. Konsep bentuk logis adalah inti dari logika. Konsep itu menyatakan bahwa kesahihan (validitas) sebuah argumen ditentukan oleh bentuk logisnya, bukan oleh isinya.

Dalam hal ini logika menjadi alat untuk menganalisis argumen, yakni hubungan antara kesimpulan dan bukti atau bukti-bukti yang diberikan (premis).

Logika silogistik tradisional aristoteles dan logika simbolik modern adalah contoh dari logika formal.   Bersambung ke Cara Berpikir Logis 2  [Redaksi/J Update]

19 Views
(Visited 12 times, 1 visits today)
Bagaimana Cara Berpikir Logis?

Anda Telah Membaca Artikel Bagaimana Cara Berpikir Logis?, Apakah Artikel Ini Bermanfaat Buat Anda?

Terima Kasih Atas Atensi Anda
JATIMUPDATE

JATIMUPDATE

REDAKSI
1
Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Silahkan Menuliskan Pesan Anda
Powered by